Ahad, 17 Jun 2012

Tips Dan Trik Facebook

Tips dan Trik Facebook yang tersembunyi

Ketika memperhatikan teman mengakses akaun Facebook dan juga berbicara dengan beberapa relasi tentang Facebook, penulis menyedari bahwa tidak banyak orang yg meluangkan waktu untuk mencari tahu atau bahkan mencuba-cuba dengan setting Facebook seperti yang penulis biasa lakukan.

Akhirnya saya memutuskan untuk menulis artikel yang berisi “tips dan trik Facebook” yang telah saya temukan sejauh ini. Mungkin ada beberapa saja pembaca yang belum mengetahuinya dan mungkin berguna . Berikut Tips dan Trik Tersembunyi pada Facebook

1. Tips membersihkan timeline / wall Facebook

Jika anda seperti saya, pasti benci dan suka membebel kalau halaman depan Facebook anda penuh dengan semua aktiviti sampah teman-teman anda saat bermain game di facebook. Faham kan maksudnya?

“xzy requested help in Cuba with the Loot The National Museum job in Mafia Wars”

“abc could really use some help fertilizing their crops in FarmVille!”

atau

“qwe has just reached level 186 in Vampire Wars. In celebration, qwe is offering a gift of XP to their friends for a limited time”

Saya tidak ada pandangan buruk untuk orang-orang yang memainkan permainan itu, saya yakin mereka senang memainkannya, tapi kita juga tidak ingin halaman Facebook kita dipenuhi dengan cerita-cerita ini dan berakibat kita tidak dapat melihat kegiatan ataupun shout teman-teman kita ditengah-tengah kekacauan (sampah) yang berserakan.

Kabar baiknya: Anda dapat mensetting Facebook sehingga tidak lagi menampilkan posting-posting game seperti ini lagi, selamanya!

Jika anda menggerakkan mouse anda pada sebuah posting di situs Facebook, sebuah Tab akan muncul pada sudut kanan atas.

Klik dan akan muncul dua pilihan: (1) Sembunyikan orang pembuat post atau (2) Sembunyikan aplikasi. Saya biasanya memilih menyembunyikan aplikasi.

Dalam contoh di atas, yang akan disembunyikan adalah: Mafia Wars dan FarmVille.

Sukses!Anda tidak akan pernah melihat Mafia Wars dan FarmVille di Halaman Facebook anda lagi! Bagus kan.

Jika anda berubah pikiran dan memutuskan ingin melihat lagi posting dari aplikasi Facebook tersebut, cukup klik Edit Option di sudut kanan bawah dari feed berita di Facebook anda, pilih aplikasi yang Anda inginkan kemudian klik Tambahkan ke Kabar Berita.

2. Trik Memperlihatkan Informasi dan Data kontak pada orang tertentu di Facebook

Ketika pertama kali membuat Facebook, anda hanya meng-add teman-teman dan keluarga anda saja, jadi anda mengisi semua rincian pribadi di tab Info (Alamat, Nombor talipon, Handphone, dll)

Tetapi di kemudian hari anda mulai mendapatkan permintaan teman dari teman online, teman dari teman anda atau bahkan orang asing, dan kemudian menyedari bahwa anda tidak ingin menampilkan informasi kontek peribadi kepada orang-orang tersebut.

Kita dapat menyesuaikan pengaturan privasi di Facebook untuk setiap Informasi Kontek anda. Sehingga tidak semua teman Facebook dapat melihat Info Peribadi kita.

Cara filter informasi profile ke teman Facebook:

Klik Akun pada bahagian kanan atas, lalu pilih Pengaturan privasi Lalu pilih Informasi Profil atau Informasi Kontek

[gambar]

Tentukan Informasi apa saja yang bisa dilihat dengan memilih (Semua orang, Teman dari teman, Hanya teman, atau boleh membuat pengecualian dengan pilihan Ubah Sesuaikan)

Klik “Lihat tampilan profil saya..” untuk melihat bagaimana profil anda bila dilihat oleh orang lain.

3. Trik tampil Online di Facebook Chat untuk teman tertentu saja

Ada kalanya kita tidak ingin terlihat sedang online di FB hanya untuk sebahagian teman facebook kita, sehingga menghindari dikirimkan pesanan chat oleh orang yang tidak begitu kita kenal, atau tidak mau diganggu saat sedang sibuk chatting dengan teman dekat atau pacar.

Dengan cara berikut kita bisa tetap terlihat online di Facebook dan chatting dengan orang yang kita mau tanpa ada resiko dianggap sombong karena tidak membalas chat dari orang yang tidak kita kenal.

Tips membuat status tampil online ke teman yang kita pilih di Facebook:

Pilih Menu Akun > Edit Teman Di bahagian kiri pilih Semua Connection

[gambar]

Lalu Klik Buat Daftar Baru, isikan nama dari daftar yang kita buat lalu pilih orang-orang yang termasuk dalam daftar. Klik Butang Daftar. Anda juga boleh mengganti daftar seseorang dengan mengklik disebelah kanan namanya.

Lalu kita pilih butang chat/obrolan, dan klik buat offline. [gambar]

Setelah menerapkan cara diatas anda tidak akan diganggu lagi dari orang yg tidak terlalu anda kenal, atau tidak akan diketahui oleh boss bila anda sedang Online di Facebook.

4. Tips block orang di Facebook

Ada kalanya kita ingin block orang dari Facebook kita dengan berbagai alasan (musuh, bekas pacar, ataupun penagih utang :P).

Di dalam Facebook ada fitur untuk block orang sehingga yang kita block tidak akan boleh melihat profil kita, mengirim kita pesan, add kita. Istilahnya akaun facebook kita telah ditelan bumi, dari sisi orang yang kita block.

Cara block orang di Facebook masih menggunakan pilihan seperti point no 2 diatas. [gambar]

Masuk ke Akaun > Pengaturan Privasi dan pilih Daftar Block. Masukkan Nama atau Alamat Email orang malang tersebut lalu tekan Block. Untuk menghapus dari daftar Block, pilih hapus yang ada disebelah nama/email orang tersebut.

Bila pembaca punya Tips dan Trik Facebook yang belum ada dalam daftar mungkin boleh dikongsi disini. :)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan